I’m excited atau I’m exciting?

Daftar Isi

arti kata bahasa inggris excited exciting

excited dan exciting sejatinya berasal dari kata kerja excite yang artinya adalah membangkitkan semangat, gairah dan antusiasme.

Berakhiran –ed dan –ing,   excited maupun exciting berfungsi sebagai kata sifat yang menjelaskan suatu perasaan gembira dan semangat atau antusiasme yang besar atau kuat.

Letak perbedaan excite dengan akhiran –ed dan –ing terletak pada fungsinya.

Akhiran -ed berfungsi makna pasif yaitu: di-, ter-.

Berbeda dengan excite berakhiran –ing yang berfungsi makna aktif yang artinya adalah: me-.

Sebelum memahami artinya, mari simak dulu pengertian dan fungsi kata excited dan exciting di bawah ini.   

Excited

Excited adalah kata sifat yang menggambarkan perasaan sangat gembira dan antusiasme yang kuat. Kata ini sering digunakan untuk mengekspresikan emosi positif yang berkaitan dengan bangkitnya semangat dan kegairahan yang besar.  

Berikut ini beberapa pengertian dan fungsi kata excited:

1. Kata excited umum digunakan untuk menggambarkan perasaan gembira atau bahagia.

- He was excited to see his wife after being away for so long (dia sangat gembira bisa bertemu istrinya setelah sekian lama tidak bertemu)

2. Gunakan kata excited untuk menggambarkan perasaan antusiasme dan semangat yang besar terhadap suatu aktivitas atau event.  

- I am excited to go on camping with my friends next week (aku bersemangat untuk pergi berkemah dengan teman-temanku minggu depan)

3. Kata excited juga bisa digunakan untuk menggambarkan perasaan kegairahan atau antusiasme yang penuh semangat.

- The fans were excited to meet and greet their favourite band (para penggemar sangat antusias untuk bertemu dan menyapa band favorit mereka)

4. Kata excited juga umum digunakan untuk menggambarkan perasaan bersemangat atau antusiasme terhadap suatu peluang atau pengalaman baru.

- We are excited to move to a new house and start a new life (kami bersemangat untuk pindah ke rumah baru dan memulai hidup baru)

- She is excited to graduate from college and will start her career (dia bersemangat untuk lulus kuliah dan akan memulai karirnya)

5. Gunakan excited juga untuk menggambarkan perasaan antusias terhadap sebuah ide atau projek baru.

- Our team will be excited to work on the new project and bring our ideas to life (tim kami akan bersemangat untuk mengerjakan projek baru dan mewujudkan ide-ide kami)

6. Gunakan juga kata excited untuk menjelaskan perasaan antusias terhadap sebuah hubungan atau persahabatan baru.

- He is excited to meet his girlfriend's family and get to know each other (dia bersemangat untuk bertemu dengan keluarga pacarnya dan saling mengenal satu sama lain)

7. Kata excited juga digunakan untuk istilah fisika (physics), yang artinya dalam keadaan energi yang lebih tinggi dari biasanya (misalnya sebuah atom).  

- Energy is absorbed by atoms of the substance, which raises the electrons to an excited state (enerji diserap oleh atom-atom zat tersebut, sehingga elektron naik ke keadaan tereksitasi)

- When an electron reverts from an excited to an unexcited state, it gives out light (ketika elektron berubah dari keadaan tereksitasi ke keadaan tidak tereksitasi, ia mengeluarkan cahaya)

Kesimpulannya, kata excited dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai emosi dan perasaan positif sampai istilah fisika.

Excited dengan preposisi 

Kata excited dapat diikuti dengan preposisi (preposition) berikut ini.

1. About

- The children got excited about their holiday to Hawaii (anak-anak sangat gembira dengan liburan mereka ke Hawaii)

2. To

- He told me he is excited to return to Jakarta (dia mengatakan padaku bahwa dia bersemangat untuk kembali ke Jakarta)

3. That

- I am so excited that he finally called me to see me (aku sangat gembira karena dia akhirnya meneleponku untuk menemuiku)

4. At

- She's excited at the chance to get a scholarship to Japan (dia gembira dengan kesempatan mendapatkan beasiswa ke Jepang)

5. For. Frasa excited for umum digunakan secara informal dalam komunikasi maupun tulisan.  

- "Are you excited for your husband's candidacy for vice president?" the journalist asked "Apakah Anda gembira dengan pencalonan suami Anda sebagai Wakil Presiden?" tanya wartawan itu.

Excitedly

Excitedly yaitu kata keterangan (adverb) yang artinya adalah: dengan gembira, dengan semangat, dengan kegairahan yang menyenangkan.

- Talking excitedly (berbicara dengan penuh semangat)

- She accepted her boyfriend's proposal excitedly (dia menerima lamaran pacarnya dengan bahagia)

- Everyone went to family vacation at the ski resort excitedly (semuanya pergi ke liburan keluarga di resor ski dengan gembira)

Exciting

Kata exciting adalah kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang membangkitkan semangat atau menggembirakan.

Kata ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari menggambarkan pengalaman yang menggetarkan hati hingga mengekspresikan antusiasme terhadap sesuatu.

Berikut ini beberapa pengertian dan fungsi kata exciting:

1. Kata exciting dapat digunakan untuk menggambarkan suatu pengalaman yang mendebarkan atau mengasyikkan.

- My most exciting experience is take a roller coaster ride (pengalaman paling mendebarkan/ seru buat saya adalah naik roller coaster)

2. Jika kamu bersemangat terhadap sesuatu dan ingin mengekspresikan antusiasme-mu, kamu dapat menggunakan kata exciting.

- Exploring new places is exciting. You should join me! (menjelajahi tempat-tempat baru itu mengasyikkan. Kamu harus ikut denganku!)

3. Kata exciting juga umum digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang lincah, energik, dan menarik (lively, energetic, engaging).

- Ricky is such an exciting person to be around. He never complains or talks anything bad about others (Ricky adalah orang yang sangat menyenangkan untuk diajak bergaul. Dia tidak pernah mengeluh atau mengatakan hal-hal buruk tentang orang lain)  

4. Saat kamu ingin menggambarkan suatu situasi yang penuh energi dan kegembiraan, kamu dapat menggunakan kata exciting.

- The fireworks show was really exciting that the crowd was cheering with excitement (pertunjukan kembang api itu sungguh menyenangkan/ seru, penonton pun bersorak kegirangan)

5. Karena kata exciting memiliki enerji dan semangat yang positif, maka dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu penawaran produk atau layanan. Kata exciting dapat membuat penawaran suatu produk atau layanan terdengar menarik.

- Our new feature is such an exciting innovation (fitur baru kami adalah inovasi yang sangat menarik)

- Our credit offers are so exciting that you will never find them anywhere else (penawaran kredit kami sangat menarik sehingga Anda tidak akan pernah menemukannya di tempat lain)

Kesimpulannya, kata exciting adalah kata sifat yang dapat digunakan dalam berbagai konteks. Baik saat kamu menggambarkan suatu pengalaman, mengekspresikan antusiasme, menggambarkan seseorang, situasi, atau produk, kata exciting dapat membantumu menyampaikan rasa antusiasme, semangat dan kegembiraan.

Excitingly

Excitingly yaitu kata keterangan (adverb) yang artinya adalah: dengan mengasyikkan, dengan menyenangkan sekali.

- The restaurant offers the Asian dishes in excitingly different menu (restoran ini menawarkan hidangan Asia dalam ragam menu yang menyenangkan)

- Now, excitingly, the office where I work provides a pension in the form of money and a house (sekarang, yang menariknya, kantor tempatku bekerja menyediakan dana pensiun dalam bentuk uang dan rumah)

Kesimpulan

Maka, kesimpulannya adalah:

I’m excited berarti aku senang.  

I’m exciting berarti aku menyenangkan.

Maka, bila I’m excited to go with you berarti aku senang pergi denganmu, akan sangat berbeda artinya dengan I’m exciting to go with you, yang artinya yaitu aku menyenangkan pergi denganmu.

Baca juga: Excited dan 6 kata bermakna sama

Posting Komentar