5 Pengertian Foolproof dan Contoh Kalimatnya

Daftar Isi

Foolproof adalah kata sifat (adjective) yang menggambarkan sesuatu yang dirancang agar sepenuhnya dapat diandalkan dan tidak mungkin mengalami kegagalan. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem, proses, atau produk yang dirancang dengan sangat baik sehingga hampir tidak mungkin terjadi kesalahan atau kegagalan.

Foolproof juga berarti: sesuatu hal atau benda yang sangat mudah dipahami sehingga tidak mungkin salah atau digunakan secara salah, mulai dari sebuah rencana, metode, sistem sampai mesin yang dirancang agar dapat dilakukan atau dioperasikan dengan mudah, bahkan oleh orang yang awam sekalipun, tanpa kemungkinan terjadinya kesalahan atau kegagalan. 

Berikut contoh kalimatnya:

- This new method is a foolproof system for making money (metode baru ini adalah sistem yang sangat ampuh/ mudah untuk menghasilkan uang)

- How to run this machine is supposed to be foolproof (cara menjalankan mesin ini seharusnya sangat mudah)

- Vegetables salad is a foolproof fitness booster (salad sayuran adalah penambah kebugaran yang sangat ampuh/ mudah)

- Pairing tops and bottoms in the same color will be a quick, foolproof formula for stylish look (memadukan atasan dan bawahan dengan warna yang sama akan menjadi formula cepat dan mudah untuk tampil bergaya)

Berikut adalah

5 fungsi dan pengertian foolproof beserta contoh kalimat dan artinya  

1. Foolproof digunakan untuk menggambarkan suatu proses atau sistem yang dirancang agar sepenuhnya dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan.

- The company is provided with a new security system that is foolproof and definitely will prevent any unauthorized access (perusahaan dilengkapi dengan sistem keamanan baru yang sangat aman/ andal dan pasti akan mencegah akses tidak sah)

- DNA fingerprinting is a foolproof way to link a suspect to a crime scene (sidik jari DNA adalah cara yang sangat ampuh untuk menghubungkan tersangka dengan tempat kejadian perkara)

2. Gunakan foolproof untuk mendeskripsikan produk yang dirancang agar mudah digunakan dan tidak mudah rusak.

- The company made new software to be foolproof for beginners so they can use it without any problems (perusahaan membuat perangkat lunak baru yang sangat mudah digunakan oleh pemula sehingga mereka dapat menggunakannya tanpa masalah)

3. Gunakan kata foolproof untuk menggambarkan rencana atau strategi yang dirancang agar sepenuhnya efektif.

- Our foolproof marketing plan will ensure that we will definitely reach our profit targets (rencana pemasaran kami yang sangat andal akan memastikan bahwa kami pasti akan mencapai target keuntungan kami)    

- His designed scheme is proven foolproof (skema rancangannya terbukti sangat andal/ mudah)

4. Gunakan foolproof untuk menjelaskan fitur keselamatan atau tindakan pencegahan yang dirancang untuk mencegah kecelakaan atau cedera.

- This car is provided with  foolproof safety features and will ensure your maximum safety (mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan yang sangat andal dan akan menjamin keselamatan Anda secara maksimal)

5. Foolproof juga digunakan untuk mendeskripsikan resep atau teknik memasak yang dirancang agar mudah diikuti.

- I never cook but this foolproof recipe makes me feel like a professional chef (saya tidak pernah memasak, tetapi resep yang sangat mudah ini membuat saya merasa seperti koki profesional)

Kesimpulan

Saat menggunakan kata foolproof, penting untuk diingat bahwa kata itu menyiratkan tingkat keandalan dan efektivitas yang tinggi. Kata itu hanya boleh digunakan untuk menggambarkan hal-hal yang benar-benar dirancang agar anti gagal, dan bukan hal-hal yang secara umum dapat diandalkan atau efektif dengan standar biasa.

Baca juga: 11 Sinonim Foolproof

Posting Komentar