Foolproof dan 11 Sinonimnya

Daftar Isi

sinonim-foolproof

Setelah memahami kata foolproof di artikel sebelumnya, kini kita akan membahas sinonimnya.

Terdapat setidaknya 11 kata dan ungkapan yang memiliki arti dan makna yang senada dengan foolproof.  

Berikut ini adalah foolproof dan 11 sinonimnya

Sebagaimana telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kamu bisa gunakan kata foolproof untuk menjelaskan sesuatu sangat mudah digunakan, begitu mudahnya sampai-sampai kamu tidak mungkin membuat kesalahan apa pun.

- How to operate this printing machine is foolproof (cara mengoperasikan mesin cetak ini sangat mudah)

Kata yang paling umum digunakan untuk menyatakan sesuatu itu mudah dilakukan atau dipikirkan adalah easy.

- It's easy how to do that, I can tell you (mudah sekali cara melakukannya, aku bisa memberi tahumu)

- He can finish a Math exam on time. It's easy for him (dia bisa menyelesaikan ujian Matematika tepat waktu. Itu mudah baginya)

- The English exam is fairly easy (ujian bahasa Inggrisnya cukup mudah)

Kata berikutnya yang senada dengan easy adalah kata sifat simple. Simple memiliki arti mudah/ gampang yang mengarah kepada makna sederhana.  

- The new recipe is so simple,  I can make it in 20 minutes (resep baru ini sangat sederhana/ mudah, aku  bisa membuatnya dalam 20 menit)

- The home design is simple, I like it (desain rumahnya sederhana, aku suka)

Kata straightforward berarti langsung/ lugas/ mudah/ terang-terangan.

- The teacher gave a straightforward explanation for his students' mistakes in their examination (guru tersebut memberikan penjelasan langsung mengenai kesalahan murid-muridnya dalam ujian mereka)

- The bikers took a straightforward route to the hills (para pengendara sepeda motor mengambil rute langsung ke perbukitan)

- As a decision maker in the company, he is completely straightforward in his business dealings (sebagai pengambil keputusan di perusahaan, dia benar-benar terang-terangan/ lugas dalam urusan bisnisnya)

Istilah mudah lainnya yang umum digunakan dalam situasi informal, adalah cushy. Cushy digunakan jika kamu pikir suatu pekerjaan atau situasi seseorang terlalu mudah.

- He has a very cushy job in the firm (dia memiliki pekerjaan yang sangat mudah (nyaman) di perusahaan itu)

Dalam situasi informal lainnya, juga terdapat idiom atau ungkapan yang sangat umum digunakan, yaitu: a piece of cake. Kemudian smooth sailing (lancar-lancar saja) yang umum dalam bahasa Inggris ala AS, namun dalam bahasa Inggris ala UK, disebut plain sailing.

- The assignments was a piece of cake (tugasnya mudah sekali)

- The critical period is over. It’s smooth sailing from here (masa kritis telah berakhir. Semuanya berjalan lancar dari sini)

- Once we got out of the woods, the trip was plain sailing (begitu kami keluar dari hutan, perjalanannya lancar saja)

Ungkapan with one arm/ hand tied behind your back, menjelaskan kalau kamu dapat melakukan sesuatu dengan sangat mudah. Idiom ini adalah ungkapan yang sangat informal bahwa begitu mudahnya sampai kamu dapat melakukannya dengan satu lengan atau tangan terikat di belakang punggungmu.

- Just give it to me, I can do it with one hand tied behind my back! (berikan saja padaku, aku bisa melakukannya dengan satu tangan terikat di belakang!)

- He boasted in front of his friends that he could defeat his opponent with one arm tied behind his back (ia membanggakan diri di hadapan teman-temannya bahwa ia dapat mengalahkan lawannya dengan satu tangan terikat di belakang punggungnya)

Dalam bahasa informal yang juga cukup umum digunakan, kamu juga dapat menggunakan frasa as easy as diikuti dengan kata pie, anything, atau frasa as easy as falling  off a log (semudah menjatuhkan batang kayu) untuk menggambarkan hal-hal yang sangat mudah dilakukan.

- It looks difficult, but try it and you will know that it is as easy as falling off a log (itu tampaknya sulit, tetapi cobalah dan kamu akan tahu bahwa itu semudah menjatuhkan sebatang kayu)

- Yes of course you can do it - it's as easy as pie! (ya, tentu saja kamu bisa melakukannya – itu semudah membuat pai!)

- Peeling chicken meat from the bones is not that difficult. It's as easy as anything (mengelupas daging ayam dari tulangnya tidaklah sesulit itu. Itu mudah)

Istilah lain yang digunakan untuk menjelaskan kalau sesuatu itu mudah digunakan adalah user-friendly. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan mudahnya menggunakan atau mengoperasikan suatu mesin atau sistem.

- The company launched a latest version of the software which is much more user-friendly (perusahaan meluncurkan versi perangkat lunak terbaru yang jauh lebih mudah digunakan)

Baca juga: 

Posting Komentar