Pengertian Unfrozen Sebagai Lawan Kata Frozen

Daftar Isi

arti kata bahasa inggris unfrozen

Unfrozen adalah lawan kata dari frozen.

Sebagaimana frozen, unfrozen juga adalah kata sifat (adjective) yang berarti tidak beku lagi. Unfrozen juga merupakan kata kerja bentuk Past Participle (V3) dari unfreeze.

Kata unfrozen umum menjelaskan sesuatu yang telah dicairkan atau tidak beku lagi, tidak hanya air atau cairan saja, namun juga bisa berupa uang, harga barang, gaji, akun bank, aset, atau properti yang tersedia untuk digunakan lagi setelah sebelumnya tidak diizinkan atau tidak dapat digunakan. 

Kata unfrozen memiliki beberapa pengertian dan fungsi yang kamu bisa simak dalam penjelasan di bawah ini beserta contoh penggunaannya dalam kalimat.

Pengertian dan Contoh Kalimat Unfrozen

1. Secara harfiah atau literal, unfrozen mengarah kepada mencairnya air, cairan, es krim juga benda-benda yang umum berada di sekitar kita dan sering kita jumpai sehari-hari.

- Ice cream is already unfrozen and ready to be enjoyed (es krimnya sudah cair dan siap dinikmati)

- The lake is already unfrozen,  let's swim! (danaunya sudah mencair, ayo berenang!)

- Wait for the frozen pipes to be unfrozen to restore water flow (tunggu sampai pipa bekunya tidak beku lagi untuk mengembalikan aliran air)

- You have to wait for the ground unfrozen for easy digging (kamu harus tunggu tanah tidak beku lagi agar mudah digali)

- You can plant your seeds on the unfrozen soil (kamu dapat menanam benihmu di tanah yang tidak beku)

- When winter is over, you can see the trees unfrozen, and you'll feel amazed (ketika musim dingin berakhir, kamu dapat melihat pohon-pohon tidak lagi membeku, dan kamu akan merasa takjub)

2. Unfrozen juga menggambarkan kondisi makanan (sayuran, buah, daging) yang tidak beku lagi setelah mengalami pembekuan sebelumnya.

- I have a couple of unfrozen chicken breasts in the refrigerator, let's make chicken steaks! (aku punya beberapa dada ayam yang sudah tidak beku lagi di kulkas, yuk kita buat steak ayam!)

- The unfrozen vegetables after being frozen are sometimes not as fresh as before being frozen (sayuran yang sudah tidak beku lagi setelah dibekukan terkadang tidak segar seperti sebelum dibekukan)

- The unfrozen strawberries are still fresh and good to eat (stroberi yang sudah tidak beku lagi masih segar dan enak dimakan)

3. Kata unfrozen juga dapat digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi yang emosional (bahagia, sedih).

- After years of not seeing each other, the two siblings finally have an unfrozen relationship and begin to rebuild their bond (setelah bertahun-tahun tidak bertemu satu sama lain, kedua saudara kandung itu akhirnya memiliki hubungan yang tidak beku lagi dan mulai membangun kembali ikatan mereka)

- After some time immersed in great depression, the artist's creativity was unfrozen, leading to a burst of new ideas (setelah beberapa lama tenggelam dalam depresi yang berat, kreativitas sang seniman berhasil dilepaskan, sehingga memunculkan ide-ide baru)

4. Unfrozen bisa digunakan sebagai kata keterangan – yang menerangkan tidak bekunya suatu benda - setelah kata kerja.

- Get back soon, you may leave your ice cream unfrozen quickly on the table (segera kembali, kamu mungkin bisa meninggalkan es krimmu mencair dengan cepat di atas meja)

- The frozen meat was cooked well-done, leaving the center unfrozen (daging beku dimasak dengan matang, bagian tengahnya tidak beku)

- Put the frozen beef in the oven for about 10 minutes, leave it, you will find it unfrozen (masukkan daging sapi beku ke dalam oven selama sekitar 10 menit, biarkan/ tinggalkan, kamu akan mendapatinya tidak beku lagi)

5. Meskipun unfrozen cukup sering digunakan sebagai kata sifat, kata ini juga dapat digunakan sebagai kata benda untuk merujuk pada sesuatu yang telah dicairkan. Tambahkan “the” di awal kata unfrozen yang berarti “yang tidak lagi membeku” atau “yang telah mencair.”

- The unfrozen (yang tidak lagi membeku)

- The unfrozen is always a beautiful sight after a long winter (segala yang telah mencair selalu menjadi pemandangan yang indah setelah musim dingin yang panjang)

6. Unfrozen juga dapat digunakan sebagai bahasa ungkapan/ idiomatik.

- Her heart felt unfrozen when she heard his sincere apology (hatinya terasa mencair saat mendengar permintaan maafnya yang tulus)

- He wrote the unfrozen moment of joy when he was with his girlfriend as the most blessed thing in his life (dia menulis momen kebahagiaan yang tak pernah beku saat bersama sang pacar sebagai hal yang paling diberkahi dalam hidupnya)

7. Berkaitan dengan lembaga bank, kata unfrozen juga dapat digunakan untuk menjelaskan akun bank dan uang simpanan yang tidak lagi dibekukan oleh bank dan dapat dicairkan atau digunakan oleh pemiliknya, setelah mengalami pembekuan selama beberapa waktu. 

- A frozen account cannot be accessed until the underlying problem is fixed, at which point the account may be unfrozen (akun yang dibekukan tidak dapat diakses sampai masalah yang mendasarinya diperbaiki, dan pada saat itu akun tersebut dapat dicairkan)

- According to records of his assets, only about $ 2 Millions remains unfrozen (berdasarkan catatan asetnya, hanya sekitar $ 2 Juta yang tidak dibekukan)

- The company successfully collected about $15 million from unfrozen assets (perusahaan berhasil mengumpulkan sekitar $15 juta dari aset yang tidak dibekukan)

- I can apply for a new credit card after my frozen credit to be unfrozen (aku dapat mengajukan kartu kredit baru setelah kreditku yang dibekukan dapat dicairkan)

8. Unfrozen juga dapat digunakan untuk menjelaskan kalau gaji sudah bisa dibayarkan setelah sebelumnya mengalami pembekuan atau sempat dihentikan pembayarannya. Sebuah pengaduan konsumen yang dinyatakan secara online dalam situs https://workplace.stackexchange.com/questions/13272/my-office-has-finally-unfrozen-salaries adalah contoh yang tepat bagaimana seorang pegawai baru menerima gajinya setelah 4 tahun dibekukan pembayarannya. Berikut petikannya:  

My employer has finally unfrozen salaries after 4 years. They have removed every perk except Health Coverage during the downturn (majikan saya akhirnya mencairkan gaji yang dibekukan setelah 4 tahun. Mereka telah menghapus semua fasilitas kecuali Jaminan Kesehatan selama masa krisis)

9. Berkaitan dengan institusi pemerintah juga perusahaan, unfrozen bisa digunakan untuk menjelaskan harga yang diizinkan untuk dinaikkan, setelah sebelumnya dilarang untuk dinaikkan atau mengalami pembekuan harga. Izin ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah melalui institusi yang melindungi hak-hak konsumen.

- Oil prices are now unfrozen after many years of no  increases at all (harga minyak sekarang sudah tidak dibekukan lagi setelah bertahun-tahun tidak mengalami kenaikan sama sekali)

- The government has decided that the prices of basic necessities are unfrozen any longer (pemerintah telah memutuskan bahwa harga kebutuhan pokok tidak lagi dibekukan)

Baca juga: Mana yang benar: I'm excited atau I'm exciting?

Posting Komentar