Bahasa Inggrisnya Aku: I, me, my, mine, myself

squeeny
perbedaan I,me,my,mine,myself
Perbedaan I, me, my, mine, myself

Apa saja bahasa Inggrisnya ‘aku’? 
Dalam bahasa Inggris terdapat 
lima bentuk ‘aku’ atau ‘saya.’

Yaitu: I, me, my, mine, myself
I, me, my, mine, myself merupakan 
bentuk Pronouns 
yaitu Kata Ganti. 

Lalu bagaimana 
cara menggunakannya? 
Dan bagaimana menyatakan 
‘aku menyukainya’, atau 
‘aku melakukannya sendiri’, 
atau ‘itu milikku’, atau 
‘Diana dan aku pergi ke bioskop kemarin.’ 

Mari kita lihat perbedaan dalam penggunaannya 
dalam penjelasan di bawah ini.    

Perbedaan I, me, my, mine, myself


I Sebagai Subjek 

I berarti aku atau saya sebagai Subjek
Apa itu Subjek? Subjek adalah pelaku utama
Berlaku sebagai subjek, 
maka I diletakkan berada 
di awal kalimat dimulai. Misal:

- Aku belajar bahasa Inggris = I study English language

- Aku menyukainya = I like it

- Aku bisa masak = I can cook


Me Sebagai Objek

Me berarti aku sebagai Objek
Apa itu Objek? Objek adalah 
sesuatu yang dikenai tindakan. 
Saat berlaku sebagai objek, maka 
me diletakkan berada di akhir kalimat. 
Berikut adalah contoh kalimatnya:

- Diana belajar bahasa Inggris bersamaku = Diana studies English language with me

- Ricky sayang/ peduli padaku = Ricky cares about me

- Ibu masak bersamaku = Mother cooked with me


Perhatikan contoh kalimat ini: 
Diana dan aku pergi ke bioskop kemarin. 
Mana yang benar dari 
dua kalimat di bawah ini? 
Diana and I went to the cinema yesterday 
atau 
Diana and me went to the cinema yesterday

Jawaban yang benar adalah:  
Diana and I went to the cinema yesterday
Mengapa menggunakan I bukan me? 
Karena Diana and I merupakan Subjek
Maka ada 2 subjek di sini, 
yaitu Diana and I yang bisa digantikan 
atau disingkat dengan We (=kami/ kita).

My Sebagai Possessive Adjective

My berarti milikku. 
My adalah Possessive Adjective
yaitu kata sifat kepemilikan/ kepunyaan
My digunakan untuk menunjukkan 
kepemilikan suatu benda atau barang. 
My diletakkan diawal kata benda 
yang dimiliki olehku. 
Contoh kalimatnya adalah:  

- Ini tasku = It is my bag

- Pulpen kesayanganku hilang dan aku menemukan pulpenku di lantai = My favourite pen was lost and I found my pen on the floor

- Kamu duduk di kursiku = You sit on my chair

- Kamu sedang memegang dompetku = You are holding my wallet


Mine Sebagai Possessive Pronoun

Mine berarti milikku. 
Mine merupakan bentuk Possessive Pronoun
yaitu kata ganti kepunyaan

Sebagaimana my, mine menyatakan kepemilikan 
atau kepunyaan suatu benda. 

Apa perbedaan antara ‘my’ dan ‘mine’? 
kalau my diletakkan di depan bendanya 
(my bag, my mother, my house, my love), 
namun saat kata bendanya dihilangkan
maka digunakan minekarena 
kata bendanya sudah diucapkan terlebih dahulu. 

Berikut ini adalah contoh penggabungan my dan mine:

- Itu tasku. Itu punyaku/ milikku = That is my bag. That is mine


- Pulpen kesayanganku hilang dan 
aku menemukan punyaku di lantai = 
My favourite pen was lost and 
I found mine (=my pen) on the floor

- Kamu duduk di kursiku. Kursi ini punyaku = You sit on my chair. This chair is mine

- Kamu sedang memegang dompetku

Dompet yang kamu pegang adalah milikku
You are holding my wallet
The wallet which you’re holding is mine.     

Myself Sebagai Reflexive Pronoun

Myself adalah bentuk Reflexive Pronoun
yaitu kata ganti refleksif yang berarti 
adalah diriku sendiri
Seperti ini contoh kalimatnya:   

- Aku melakukannya/ mengerjakannya sendiri = I did it myself

- Aku menyelesaikan semua tugas ini sendiri = I finished all these tasks myself

- Aku memasak sup ini sendiri = I cooked this soup myself     

KESIMPULAN

- Aku mempunyai rumah = I have a house (Subjek)

- Ini rumahku = This is my house (Possessive Adjective)

- Rumah ini milikku = This house is mine (Possessive Pronoun)

- Ayah membeli rumah ini untukku tahun lalu = Father bought this house for me last year (Objek)

- Aku mengecat rumahku sendiri = I painted my house by myself (Reflexive Pronoun)

Baca juga: Apa artinya Crush sebagai istilah slang dan istilah formal