7 Pengertian performance: Dipakai untuk menyatakan apa saja?!

Daftar Isi

 

arti performance

Kata performance adalah kata yang umum dan sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari yang dapat digunakan secara formal maupun informal.  

performance merupakan kata benda (noun) yang berasal dari kata kerja perform yang berarti: melakukan, menyelenggarakan, mempertunjukkan, memainkan.

Sementara pelaku performance disebut: performer

Umumnya, kata performance berkaitan dengan pengertian pertunjukan – dalam istilah dunia hiburan (entertainment) - dan kinerja, namun kata ini juga digunakan dalam istilah hukum dan keuangan. Untuk lebih paham, simak penjelasan di bawah ini.

7 arti kata performance 

Terdapat 7 arti kata performance yang digunakan untuk menyatakan hal-hal berikut ini:

1. Untuk menyatakan seberapa baik kinerja seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan atau aktivitas. Dalam hal ini, performance diartikan sebagai: kinerja, prestasi, hasil kerja/ pekerjaan,  yaitu mengacu pada seberapa baik suatu aktivitas atau pekerjaan dilakukan atau seberapa baik seseorang menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya.

- She was fired for poor performance (dia dipecat karena kinerjanya buruk)

- His performance at work is excellent (kinerjanya/ pretasinya dalam bekerja sangat baik/ bagus)  

- His bad performance as a manager caused the company to suffer losses (kinerjanya yang buruk sebagai manajer menyebabkan perusahaan menderita kerugian)

- That night was their very impressive performance, for scoring 20 points within the first fifteen minutes (malam itu adalah penampilan mereka yang sangat mengesankan, karena mencetak 20 poin dalam lima belas menit pertama)

2. Untuk menyatakan suatu benda bisa berfungsi dan beroperasi dengan baik dan benar seperti mesin, peralatan listrik, komputer, peralatan dapur bertenaga listrik, dll. Dalam hal ini, performance berarti performa, jalannya, kerjanya.

- This car’s performance is great (performa mobil ini hebat)

- High performance cars are those that are fast, powerful, and easy to control (mobil berperforma tinggi adalah mobil yang cepat, bertenaga, dan mudah dikendalikan)

- This old computer's performance is still good (performa/ kerja komputer lama ini masih bagus)

3. Performance juga mengarah pada tindakan melakukan sesuatu, seperti menjalankan pekerjaanmu sehari-hari. Dalam hal ini, performance artinya adalah: pelaksanaan, perbuatan.  

- In the performance of their duties, they must face extreme natural conditions (dalam menjalankan tugasnya, mereka harus menghadapi kondisi alam yang ekstrim)

- If you get the accident during the performance of your regular duties, then you will get covered by the insurance (jika Anda mengalami kecelakaan saat menjalankan/ melaksanakan tugas rutin Anda, maka Anda akan dilindungi oleh asuransi)

4. Berkaitan dengan dunia hiburan (entertainment), performance berarti adalah tindakan menghibur orang lain dengan menari, bernyanyi, bermain musik, atau berakting. Maka  performance di sini berarti: pertunjukan, pergelaran, penampilan, tontonan, penyelenggaraan.

- It was an electrifying performance (itu adalah pertunjukan yang menggetarkan)

- He is a professional musician who is always seeking to improve his performance (dia adalah musisi profesional yang selalu (berusaha) meningkatkan penampilannya)

- The Wayang play is a traditional Javanese performance that must be preserved (pertunjukan wayang merupakan pertunjukan tradisional Jawa yang harus dilestarikan)

- Her superb performance as Lady Macbeth made her famous (penampilannya yang luar biasa sebagai Lady Macbeth membuatnya terkenal)

- The Romeo and Juliet play was a very fascinating performance at that time (drama Romeo dan Juliet merupakan pertunjukan yang sangat menarik pada jaman itu)

- See how great he plays as Romeo. What a performance! (lihat betapa hebatnya dia berperan sebagai Romeo. Sungguh penampilan yang luar biasa!)

- This dance is a dynamic and cheerful performance (tarian ini merupakan pertunjukan yang dinamis dan ceria)

5. Untuk menjelaskan suatu tindakan atau perbuatan yang dianggap layaknya seperti hiburan dan bersifat cukup informal sebagaimana contoh berikut ini.  

- Watching street food being cooked in Bangkok city is like such a performance (menyaksikan makanan/ jajanan jalanan dimasak di kota Bangkok serasa sebuah pertunjukan)

- How egg martabak is cooked is a bit of a performance for me (bagaimana martabak telur dimasak agak menjadi tontonan bagi saya)

- How much trouble Dad tried hard to put the new sofa into the house  turned out to be such a performance for my little brother and his friends (betapa susah payah Ayah berusaha keras memasukkan sofa baru ke dalam rumah ternyata menjadi tontonan yang sangat menghibur bagi adik laki-lakiku dan teman-temannya)

6. Berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan bisnis, performance berarti: seberapa sukses suatu investasi, perusahaan, badan usaha dengan berapa banyak keuntungan yang berhasil diperoleh.

- It was the country's strong economic performance over the last three years (itu adalah kinerja ekonomi negara yang kuat selama tiga tahun terakhir)

- Profit estimation is based on last year's performance (perkiraan keuntungan berdasarkan pada kinerja tahun lalu)

- This year the company's financial performance was below expectations and we are working on improvements (tahun ini kinerja keuangan perusahaan berada di bawah harapan dan kami sedang berupaya memperbaikinya)

7. Berkaitan dengan bidang hukum,  performance adalah kata yang digunakan secara formal yang artinya adalah: tindakan melakukan apa yang dinyatakan dalam perjanjian hukum (the act of doing what is stated in a legal agreement).

- Subject to due performance of its obligations, each Party shall be entitled to receive copies of all results (tunduk pada pelaksanaan kewajibannya, masing-masing Pihak berhak menerima salinan semua hasil)

Baca juga: 6 Pengertian Accept dan Contoh Pengunaannya dalam Kalimat

Posting Komentar