EXPECTED: Arti, Contoh Kalimat, dan Konteks Penggunaannya

Daftar Isi

arti kata expected

expected bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb) juga kata sifat (adjective).

Sebagai kata kerja, expected merupakan bentuk Verb 2 dan Verb 3 dari kata dasar expect, maka expected artinya adalah mengharapkan, berharap, diharapkan, memperkirakan, menduga.

Sebagai kata sifat, expected berarti yang diharapkan, diperkirakan, diduga.

Expected Sebagai Kata Sifat (Adjective)

Berikut adalah pengertian kata expected sebagai kata sifat (adjective) dan contoh kalimatnya:

1. Menunggu untuk sesuatu yang diyakini akan terjadi atau datang. Contoh kalimatnya:

- The expected uprising never occurred (pemberontakan yang diperkirakan tidak pernah terjadi)

- The house finally sold for three times the expected price (rumah itu akhirnya terjual tiga kali lipat dari harga yang diharapkan/ diperkirakan)

2. Meyakini/ percaya bahwa sesuatu seharusnya terjadi atau dilakukan. Contoh:

- The expected punishment is a life sentence (hukuman yang diperkirakan adalah hukuman seumur hidup)

- The expected salary should be at least 10 Million rupiahs (gaji yang diharapkan setidaknya 10 Juta rupiah)

Expected Sebagai Kata Kerja (Verb)

Berikut adalah contoh kalimat expected sebagai kata kerja (verb):

- My birthday gift from you is exactly what I expected (hadiah ulang tahunku darimu persis seperti yang kuharapkan)

- The lawyer expected to win that complicated case (pengacara berharap memenangkan kasus rumit itu)

- My boss raised my salary up to 5 million, just exactly what I expected (bos saya menaikkan gaji saya hingga 5 juta, persis seperti yang saya harapkan)

- The soup was runnier than expected (supnya lebih cair/ encer dari yang dikira/ diharapkan)

- The team won the game, as expected (tim memenangkan pertandingan, seperti yang diharapkan)

Konteks Penggunaan Kata Expected

expected adalah kata yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris untuk menggambarkan sesuatu yang diprediksi akan terjadi. 

Kata ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari menggambarkan kejadian di masa depan hingga mengungkapkan kekecewaan ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. 

Berikut ini penjelasannya:

1. Gunakan kata expected untuk mendeskripsikan kejadian di masa depan: Ketika menjelaskan tentang sesuatu yang akan terjadi di masa depan, kamu dapat menggunakan kata expected untuk menunjukkan bahwa hal tersebut sudah diperkirakan akan terjadi. Contoh:

- The weather forecaster has predicted heavy rain all day tomorrow, as expected (peramal cuaca memprediksi hujan lebat sepanjang hari besok, seperti yang diperkirakan)

2. Kata expected juga umum dan biasa digunakan untuk mendeskripsikan suatu aturan standar atau etika umum: Saat menjelaskan sesuatu yang dianggap aturan normal atau standar, kamu dapat menggunakan kata expected untuk menunjukkan bahwa hal tersebut bisa menjadi keharusan. Contoh:

- It is expected that all students will arrive at school on time and dressed neatly and appropriately (diharapkan seluruh siswa tiba di sekolah tepat waktu dan berpakaian rapi serta pantas)

3. Kata expected juga umum digunakan untuk mengungkapkan kekecewaan: Jika sesuatu tidak berjalan seperti yang sudah direncanakan, kamu dapat menggunakan kata expected untuk mengungkapkan kekecewaan tersebut. Contoh:

- It was not expected the team lost the game, given their strong performance in previous matches (tidak diduga tim akan kalah, mengingat performa kuat mereka di pertandingan sebelumnya)

4. Kata expected juga umum digunakan untuk menunjukkan tingkat kepastian: Ketika kamu yakin bahwa sesuatu akan terjadi, kamu dapat menggunakan expected untuk menunjukkan tingkat kepastian yang tinggi. Contoh:

- The weather is expected to be clear and sunny tomorrow, based on weather satellite data (cuaca diperkirakan cerah dan terang (bermatahari) besok, berdasarkan data satelit cuaca)

5. Kata expected juga umum untuk menggambarkan dan menjelaskan seberapa siap seseorang menghadapi suatu situasi. Kata expected untuk menunjukkan bahwa kamu telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan persiapan menghadapi  situasi tersebut. Contoh:

-  The dancing team was well-prepared for the school competition, as expected, and they performed exceptionally well (tim penari telah mempersiapkan diri dengan baik untuk kompetisi sekolah, seperti yang diharapkan, dan mereka tampil dengan sangat baik)

Baca juga: Trend Baru Kata Pebbling. Apa Artinya? 

Posting Komentar