Pengertian Look/ Looking Forward to dan 7 Cara Penggunaannya dalam Kalimat

Daftar Isi
Look forward to atau looking forward to adalah phrasal verb
Phrasal verb adalah kalimat frasa 
yang mengandung kata kerja. 
Look atau looking berlaku sebagai kata kerja (verb).  
forward adalah kata depan (preposition). 
to juga adalah kata depan (preposition).

Perhatikan tense (kala waktu) yang tepat 
saat menggunakan frasa Look forward to.

Jika diharapkan akan terjadi di masa depan
maka gunakan present continuous tense 
atau present tense
Contoh:

I am looking forward to the party next month = aku menantikan/ menunggu-nunggu pesta bulan depan

- Let us give thanks for 2023 and look forward to 2024 = mari kita syukuri tahun 2023 dan nantikan tahun 2024  


Jika sudah terjadi, maka gunakan past tense
Contoh:

I looked forward to the party last month = aku (telah) menunggu-nunggu pesta bulan lalu

- They had looked forward to that holiday for months = mereka (telah) menantikan liburan itu selama berbulan-bulan

Pengertian look forward to dan Contoh Kalimat Beserta Artinya


Look forward to atau looking forward to 
artinya adalah 
menanti-nanti/ menantikan, menunggu-nunggu,  
mengharapkan/ berharap untuk

Frasa look forward to atau looking forward to 
merujuk kepada menunggu atau 
berharap sesuatu yang menyenangkan 
yang mungkin akan terjadi.

Sinonimnya adalah await, expect
look forward to atau looking forward to 
adalah frasa formal yang 
biasa digunakan dalam surat lamaran kerja 
yang menyatakan bahwa pelamar 
menanti-nanti atau menunggu-nunggu 
untuk dipanggil wawancara. 
Contoh kalimatnya:

- Looking forward to hearing from you soon = berharap mendengar kabar dari anda segera

- I look forward to hearing from you. This is my contact number 555-2587 = berharap mendengar kabar dari anda. Ini nomor kontak saya 555-2587

- Thanks for your time and consideration, and I look forward to hearing from you = terima kasih atas waktu dan pertimbangan anda, dan saya menantikan kabar dari anda

- Looking forward to working with you = berharap untuk bekerja sama dengan anda


Saat kamu melamar pekerjaan 
ke sebuah perusahaan, 
dan kamu menanti-nanti 
dengan harapan dipanggil 
untuk wawancara, 
maka gunakan frasa  look forward to. 
Kalimat lengkapnya adalah: 
I am looking forward to hearing from you soon 
atau 
I look forward to hearing from you
Kalimat ini biasanya dinyatakan 
pada paragraf ketiga atau terakhir pada sebuah surat lamaran formal.

Pengertian Look Looking Forward to dan 7 Cara Penggunaannya dalam Kalimat

Rumus frasa look forward to atau looking forward to adalah:

Look/ looking forward to  + verb-ing (kata kerja berakhiran –ing)

atau

Look/ looking forward to  + noun (kata benda)

Contoh kalimatnya:

- Looking forward to speaking with you = berharap/ menantikan bisa berbicara dengan Anda

- I am looking forward to his feedback = aku menantikan tanggapannya

- Looking forward to your reply = menunggu balasan Anda

- Look forward to welcoming a champion = menantikan menyambut seorang juara

- Look forward to sharing = berharap dapat berbagi

- Look forward to receiving = berharap dapat menerima

- Look forward to having = berharap dapat memiliki

- Look forward to learning = berharap dapat belajar/ menantikan untuk belajar

- Look forward to starting = berharap dapat memulai/ menantikan untuk memulai

- Look forward to spending more time with and interacting with your family = berharap untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan berinteraksi dengan keluargamu

- The rhythm of life on the island is something I look forward to = ritme kehidupan di pulau itu adalah sesuatu yang saya nantikan


7 Cara Penggunaan frasa Look Forward To


1. Frasa ini digunakan untuk 
menyatakan hal yang bersifat formal 
dalam sebuah surat formal 
atau resmi. Misalnya:

- In the circumstances, I look forward to receiving cheque for the sum of Rp. 3,000,000 within the next three days = dalam keadaan seperti ini, saya berharap dapat menerima cek sejumlah Rp. 3,000,000 dalam tiga hari ke depan    

- Looking forward to your response = menantikan tanggapan Anda

- Sincerely look forward to cooperation with you = sangat berharap untuk bekerja sama dengan Anda

- We look forward to your support and continued growth with us = kami menantikan dukungan Anda dan pertumbuhan yang berkelanjutan bersama kami  


2. Frasa ini juga digunakan 
untuk menyatakan sesuatu 
yang menyenangkan atau 
membahagiakan yang mungkin 
terjadi di masa depan 
yang sifatnya pribadi.  

- I’m really looking forward to the concert next week = saya sangat menantikan konsernya minggu depan

- He is looking forward to working with the new director = dia menantikan untuk bekerja dengan direktur baru

- Look forward to sharing our special day with you = menantikan untuk berbagi hari istimewa kami denganmu

- She is truly looking forward to seeing her grandchildren again = dia sangat menantikan untuk bertemu cucu-cucunya lagi

- Cake is a dessert that I look forward to = kue adalah makanan penutup yang saya nanti-nantikan


3. Digunakan untuk mengekspresikan kebahagiaan 
dan antusiasme akan datangnya 
sebuah kesempatan baru yang 
menguntungkan.

- I’m looking forward to starting a new job next week = aku menantikan untuk memulai pekerjaan baru minggu depan

- We look forward to further collaboration with your team = kami menantikan kolaborasi lebih lanjut dengan tim Anda


4. Digunakan untuk mengekspresikan 
kemungkinan bertemu seseorang yang 
diharapkan membawa keuntungan dan kebaikan.

- I’m looking forward to meeting a new manager in person = aku menantikan untuk bertemu dengan manajer baru secara langsung atau bisa juga diartikan: saya tidak sabar untuk bertemu langsung dengan manajer baru  

- I’m still looking forward to seeing Ricky soon = aku masih berharap untuk bertemu segera dengan Ricky


5. Digunakan untuk mengekspresikan 
harapan akan hasil yang baik 
dan menguntungkan.

- I’m looking forward to hearing good news from you soon = saya menantikan untuk mendengar kabar baik dari Anda segera  

- I heard good things and I look forward to it = aku mendengar hal baik dan aku menantikannya


6. Digunakan untuk mengekspresikan 
sesuatu yang mungkin akan terjadi 
di masa depan.

- I’m looking forward to your help with our tasks = saya mengharapkan/ menantikan bantuan Anda dalam tugas kami

- I always look forward to your visits = aku selalu menunggu-nunggu kunjunganmu

- Looking forward to meeting you = menunggu-nunggu untuk bertemu kamu

- Looking forward to seeing you soon = berharap bertemu kamu segera/ tak sabar untuk bertemu denganmu


7. Frasa look forward to adalah frasa 
yang bisa digunakan untuk 
percakapan santai dengan teman 
maupun dalam surat formal dan 
email profesional ditujukan kepada 
kolega bisnis untuk mengekspresikan 
kebahagiaan dan suka cita 
menyambut akhir minggu dan liburan

- Look forward to Sunday = menunggu-nunggu hari Minggu

- I always look forward to the weekend = aku selalu menantikan akhir pekan

- I can’t wait for Saturday, I’m really looking forward to the weekend = saya tidak sabar menunggu hari Sabtu, saya sangat menantikan akhir pekan

- I’m looking forward to the weekend, we should plan a trip to Cibodas = aku menantikan akhir pekan, kita harus merencanakan jalan-jalan ke Cibodas   

- I’m looking forward to my vacation = aku menantikan liburanku

- I’m really looking forward to my holiday = aku sangat menantikan liburanku

- He’s looking forward to December holiday this year = dia menantikan liburan Desember tahun ini

Baca juga: Perbedaan look like, look alike dan look-alike, contoh kalimat dan artinya 

Posting Komentar