Perbedaan e.g dan i.e

Perbedaan antara e.g dan i.e

Perbedaan e.g dan i.e

e.g dan i.e telah digunakan 
secara luas dalam Bahasa Inggris. 
Namun, tak banyak orang paham 
betul perbedaan keduanya dalam 
penggunaan sehari-hari. Sebagian 
orang merasa bahwa kedua kata 
tersebut berkonotasi sama dan 
dapat saling menggantikan. 
Sebagian lainnya tidak 
berpendapat sama. 

e.g
e.g kependekan dari frasa latin 
yang berarti “exempli gratia,” 
yang artinya “for the sake of example” 
(= demi contoh). Kata ini tepatnya 
digunakan untuk menunjukkan contoh-contoh. 
Untuk memudahkan, sebagian orang 
mengaitkan e.g dengan “example given” 
(= contoh diberikan), 
Misalnya : 
- Saya suka buah citrus (e.g., jeruk dan lemon) 
- Saya suka olahraga (e.g., jogging, berenang dan bersepeda)

i.e
i.e kependekan dari frasa Latin 
“id est,” yang artinya “that is” (= yaitu).  
Biasanya memiliki makna 
yang sama dengan “in other words” 
(= dengan kata lain). 
Contoh : 
- Saya suka semua buah (i.e., saya makan 
apa saja cukup banyak, pisang, mangga,
jeruk, pokoknya buah apa saja saya suka)

Penting diketahui!

- Anda dapat menggunakan e.g dan i.e 
baik di dalam maupun di luar tanda 
kurung. Namun, jika  menulis 
dengan style formal, maka baik 
e.g maupun i.e harus berada 
dalam tanda kurung.

- Keduanya harus dituliskan dengan 
huruf kecil meskipun diletakkan 
di awal permulaan kalimat

- Dalam penulisan agar selalu 
dipisahkan dengan titik, dan 
berikan tanda koma diakhirannya, 
yaitu e.g., dan i.e.,

Lihat juga : Perbedaan un- dan dis-

2 Responses to "Perbedaan e.g dan i.e"

  1. Link yang sangat bermanfaat. Pagi ini murid-murid saya bertanya tentang hal tersebut diatas. Terimakasih.

    BalasHapus

Postingan Populer